Mengikis Abis’ Pungli di Tubuh Polri

KreatifNews.co.id – Mekanisme pembuatan SIM di Satpas Depok tampaknya tak sesuai koridor aturan. Ada indikasi temuan maraknya calo dengan tambahan pungli yang memotong proses pembuatan pada tahap ujian paktek dan ujian teori.

Hasil investigasi di lapangan, Satpas SIM Kota Depok, merupakan satpas SIM yang menerima segala Peserta Ujian dari segala penjuru Jabodetabek. Sehingga, patut diduga Satpas Depok yang terletak di daerah Pasar Segar ini saban hari, khususnya di akhir pekan dibanjiri pengunjung.

Dari pantauan Tim di lapangan, banyaknya pengurus dari berbagai Wilayah sejabodetabek dalam pengurusan SIM di SATPAS SIM Kota Depok. Dari keterangan warga setempat, yakni salah satu pengemudi Ojek Online yang tak ingin disebutkan namanya mengakui bahwa pernah melakukan pengurusan SIM buat dirinya dengan mengikuti prosudur yang ada.

“Saya pernah ngurus SIM C Pak. Sebulan saya bolak-balik Ke SATPAS. Kenapa? Iya karena saya tanya sekitar Satpas, rupanya ada beberapa orang yang bisa urus cepat. Dalam tempo 2 Jam sudah jadi SIM-nya. Lalu, saya coba tanya, ternyata mereka bayar kepada calo yang beroperasi di lingkungan SATPAS,” ungkapnya.

“Saya tanya lagi ke pengurus yang melalui calo ternyata mereka bayar Rp 550 ribu untuk pengurusan SIM C, Kalau SIM A bisa sampai Rp 650 ribu. Bahkan, tahun yang lalu sampai Rp 1jt Juta“ tambahnya.

Dari hasil informasi ini, maka wartawan melakukan investigasi ke SATPAS SIM Kota Depok. Dari pantauan, memang terlihat indikasi praktek calo dan pungli yang terkesan terakomodir.

Ketika di tanyai wartawan yang berpura-pura akan mengurus SIM, salah seorang pengurus berinisial B mengungkapkan, lebih mudah enak dan cepat melalui calo, lantaran prosesnya cepat, tak perlu repot bolak-balik, bahkan tak perlu ikut ujian praktek dan teori. “Tinggal foto, ikutin anjuran, absen ke belakang langsung jadi SIM nya di depan “ ucapnya seraya tertawa.

Tentu hal ini menjadi cermin buram dalam wajah pelayanan Polri. Padahal, belum lama Kapolri Jenderal Idham Aziz mengaku bangga dalam peringatan HUT ke-74 Bhayangkara yang membeberkan perbaikan kinerja kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga penelitian.
*Hansen* & *Rico*

 147 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini



Di Kelola : PT. REZEL UTAMA GROUP


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *